Selasa, 12 April 2011

ID card buatan

   Semester lalu aku mendapat mata kuliah fotografi jurnalistik.Terbesit dalam pikiran, mata kuliah ini membuat saya paranoid setengah mati, Apalagi istilah fotografi yang setidaknya menuntut kita untuk paham tentang teknik fotografi.Pada dasarnya aku tidak terlalu suka fotografi.Beda memang dari kebanyakan mahasiswa yang menghabiskan waktunya untuk sekedar hunting fotoTiba juga aku mengikuti pertemuan pertama kelas fotografi jurnalistik.Pak dosen langsung memberikan tugas,baik secara individu atau kelompok.Untuk menunjang tugas yang diberikan, maka setiap orang harus mempunyai id card/kartu pers layaknya seperti wartawan .Dengan alasan mempermudah mahasiswa  mendapatkan izin dalam menjalankan tugas fotonya.Sebelumnya dosen memperingatkan agar tidak menyalahgunakan kartu pers tersebut.Berawal dari Id Card inilah aku memulai pengalamanku.
      Sekitar bulan Desember , siang itu aku melintas di jalan HR.Rasuna Said Kuningan Jakarta.Aku melihat keramaian di gedung KPK.Ternyata sedang ada demo disana.Tanpa pikir panjang aku langsung memotret kerumunan orang yang sedang demo.Aku langsung memakai kartu pers buatan agar diperbolehkan memotret para pendemo dan diperlakukan layaknya wartawan lainnya.Karena aku melihat banyak sekali insan media yang sedang meliput.Tampak dari dalam polisi juga sudah berjaga-jaga.Mereka juga jadi sasaran kameraku.Mereka jelas tidak akan marah, karena aku mengenakan kartu pers didadaku,hahaha.Aku juga turun lebih dekat dengan para pendemo untuk mendapatkan hasil foto yang bagus.Dengan percaya dirinya aku memotret bersama  wartawan lainnya.Selang dua hari di Senayan ada event musik Staying Alive yang diadakan oleh Mtv.Ketika sampai disana acara belum berlangsung Aku melihat timnas Thailand latihan dilapangan latihan timnas PSSI,yang kala itu sedag berlangsung Piala AFF.Aku lagi-lagi memakai kartu pers itu dan masuk kedalam lapangan untuk memotret.Security hanya mengira aku adalah wartawan yang sedang bertugas.Setelah itu aku bergegas ke acara Mtv yang memang bersebelahan dengan timnas Thailand berlatih.HTM untuk acara itu Rp 15.000.Hanya dengan memberikan kartu pers buatan itu aku tidak dipungut biaya.bahkan diperbolehkan ke back stage artis dan band-band pengisi acara.hahahaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar